<![CDATA[CATA Interiors Design and Build - Blog]]>Tue, 22 Jun 2021 00:11:10 +0700Weebly<![CDATA[RESOLUSI 2020 RUMAH RAPI]]>Wed, 01 Jan 2020 17:00:00 GMThttp://catainteriors.com/blog/resolusi-2020-rumah-rapiHai kawan setia CATA, tak terasa kita sudah memasuki tahun 2020. Siapa yang resolusi tahun ini rumahnya rapi?

WHY DECLUTTER NOT ORGANIZED?

Kita tahu kalau mengatur barang akan lebih menyenangkan dibandingkan mengurangi barang yang tidak kita perlukan lagi karena mungkin kita masih memendam perasaan terhadap benda itu #cielah. Karena itu CATA bakal kasih alasan kenapa kamu harus memilah barang dibandingkan hanya mengaturnya.
Picture
source: google.com
1. FEWER IS BETTER
​Tantangan yang sering kita hadapi seringkali bukan menemukan storage yang tepat, tapi karena terlalu banyak barang untuk diatur. Jadi mau se-effort apapun kita, gaakan menjawab permasalahan. So, akan lebih mudah untuk mengorganize ketika kita memiliki sedikit barang.
Fokus untuk memilah barang sebagai prioritas dan kita akan menyadari hal sekunder dari mengatur barang akan menjadi jauh lebih mudah karena kita memiliki jumlah barang yang pas untuk dimanage.

2. ORGANIZING IS CYCLICAL
Pernahkah kamu meluangkan waktu untuk mengatur barang dan menyadari kalau keadaan ruang menjadi berantakan, sama seperti ketika kamu mulai? Mengatur barang hanya solusi sementara untuk merapikan ruang.
Memilah/ decluttering adalah solusi berkelanjutan selama kamu tetap mempertahankan kebiasaan untuk tetap menjaga kerapian ruang.
.3. DECLUTTERING MEMBERIKAN MANFAAT TAMBAHAN
Ketika kamu memilah lebih dibanding mengatur, kamu akan mendapatkan banyak manfaat, beberapa diantaranya adalah:

Focus
Organizing dapat membuat ruang terlihat menarik dan mempermudah pencarian barang, tapi kegiatan ini biasanya hanya menyembunyikan barangmu. Decluttering membuat rumah kamu jadi lebih cantik dengan menghilangkan gangguan alias barang yang terlihat banyak dan sesak. Hal ini membantu kamu untuk fokus pada hal yang penting
 
Time
Mengorganisasi memang menghemat waktumu, tapi memilah barang memiliki dampak yang lebih besar ketika kita memutuskan untuk melepas barang yang akhirnya tidak harus kita atur ulang dan maintain. Ingat yaa barang yang sudah tidak penting itu seperti mantan, harus dihibahkan kepada yang membutuhkan atau dibuang kalau memang tidak bermanfaat #eh
 
Money
Proses decluttering ga perlu biaya dan bahkan bisa menghasilkan uang kalau kamu menjualnya. Kebanyakan dari kita menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang akhirnya tidak pernah kita pakai. Dengan melakukan proses ini kamu bakal mikir dua kali kalau beli sesuatu apakah itu berguna untuk kamu. Di lain sisi, mengorganisasi barang mengeluarkan lebih banyak biaya karena kamu akan membeli lebih banyak keranjang atau container.
 
4 Organizing can cause additional clutter
Kamu pernah ga menghabiskan uang untuk membeli storage tapi kenyataannya ga berfungsi buat kamu?
Kadang saat kita membeli makanan, kita akan memindahkannya kedalam wadah. Beberapa dari kita mungkin bisa mengaturnya, tapi yang lain mungkin akan membeli banyak wadah dan akhirnya membawa masalah baru dari tumpukan wadah yang kamu beli, jadinya malah terlihat menumpuk dan berantakan.
 
p.s:
Bukan berarti dengan memilah kamu ga perlu lagi mengatur barang kamu yaa, tapi proses merapikan barang-barangmu akan jauh lebih mudah. Selain itu dalam memilah barang, bukan berarti kalian membuang semua barang yang tidak pernah kalian pakai yaa. Kalian boleh kok menyimpan barang yang tidak pernah dipakai, asal memang barang tersebut memiliki kenangan yang sangat berarti (tapi plis barang mantan ga masuk hitungan ;)).
 
 
Ok kawan CATA itu tadi beberapa alasan kalau decluttering lebih penting untuk dikerjakan lebih dulu dibandingkan hanya mengatur barangmu. Semoga resolusi #2020rumahcantik kamu bisa tercapai. Ready to declutter? Do it now or never! Kalau ada yang mau nanya boleh yaa
]]>